Bolehkah Berwakaf Atas Nama Orang Tua?

0
158

KHASKEMPEK.COM – Siapa yang tidak cinta kepada orang tua? dan pasti semua manusia terutama muslim sangat ingin berbakti kepada orang tuanya. Dalam Al Qur’an sangat jelas, kita diperintahkan berbuat baik kepada orang tua.

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.” (QS. Al Isra’: 23).

Berbakti kepada kedua orang tua ketika masih hidup adalah berbuat baik kepada mereka dengan lisan, sikap, bantuan fisik dan harta.

Lalu ada yang ingin berbakti kepada orang tua, tapi kenyataannya orang tua mereka sudah tiada.

Lalu bagaimana cara berbaktinya?

Cara berbakti kepada orangtua setelah tiada adalah dengan bersedakah atas nama orang tua. Suatu hari dahabat bertanya pada Rasulullah SAW:

“Wahai Rasulullah, ibuku meninggal dan ketika itu aku tidak hadir. Apakah dia mendapat aliran pahala jika aku bersedekah harta atas nama beliau?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Ya.” (HR. Bukhari).

Dalam hal ini, LAZISWA KHAS mengajak “orang baik” yang mencintai orang tuanya. walaupun sudah tiada, anda tetap bisa berbakti kepada mereka dengan salah satunya dengan bersedekah jariyah atau “berwakaf”. Mari tunaikan wakaf anda bersama LAZISWA KHAS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here