Berkuda Ala Arabian

0
88

KHASKEMPEK.COM – Sahdan, di sebuah negeri nun jauh di sana, di sebuah zawiyah semacam pondok pesantren sebut saja di negara Aljazair, ada santri Indonesia yang ikut muqim untuk menghafal AlQur’an serta memperdalam ilmu agama.

Pesantren tersebut tidak memperkenankan santrinya untuk beraktifitas selain menghafal dan mengaji. Hanya saja dibolehkan untuk bermain bola di halaman zawiyah dan berkuda milik Syeikh.

Sebut saja Kang Musa, santri baru asal Indonesia yang ingin sekali menaiki kuda milik Syekhnya itu.

Maka ia mendekati sang joki sekaligus perawat kuda yang tidak lain adalah santri Indonesia yang sudah lama ikut Syeikh. Panggil saja Kang Badrun. Terjadilah dialog antara keduanya :

Musa : Kang, ayuh aku diajari naik kuda dong !
Badrun : Oh kamu pengin bisa berkuda ya..?
Musa : Iya nich, jenuh ngaji ngapal terus…
Badrun : Ok, ayuh Musa ikut aku ke istal kuda dibelakang !
Musa : Apa itu istal Kang..?
Badrun : Wah katrok…kandang kuda, kalo orang Jawa bilang Gedogan..
Musa : Oh walah…, ayuh lah cepet, aja kesuen…

Sambil berjalan, ngobrol terus berlanjut dan Badrun menyampaikan teknik menunggang kuda ala Arabian…

Badrun : Sa…ini kudanya, ingat ya ini kuda Arab, pake aba – abanya harus pake bahasa Arab…
Musa : Siaap Kang, tapi aku belum banyak ngerti bahasa Arab…!
Badrun : Tenang…, ini bahasa biasa untuk wirid, ingat kalo mau jalan pake baca “Bismillah”…

Naiklah Musa dan ditarik – tarik kudanya ngga jalan, setelah baca Bismillah baru dia mau jalan…

Karena pengin cepat berlari, Musa tanya pada Badrun, apa aba – abanya apa nich? Masa kuda cuman jalan doang…di tepak tepak ngga lari juga…

Badrun sambil teriak, Sa…coba pake “Alhamdulillah”…

Ternyata kuda langsung lari kencang, Musa pun susah mengendalikannya dan tidak bisa diperlambat apalagi berhenti…Husy Husy tambah kencang larinya, Musa bingung…
Badrun puyeng dan teriak – teriak tapi Musa dan kudanya sudah menjauh sehingga teriakannya ngga terdengar… , dan Badrun belum sempet ngasih kode kalo pengin berhenti bilang “Innalillahi”.

Nasi sudah menjadi bubur, ternyata di depan ada jurang yang menganga menghadang Musa dan kudanya…

Semakin dekat jurang, Musa tidak kuat melihatnya, sekujur tubuhnya gemeteran diatas pelana kuda, akhirnya dia memejamkan mata nekat sambil teriak “Innaalillahi”…

Hening lah sejenak…, Musa belum berani melek, tapi badan kuda terasa tidak bergerak, hanya helaan nafas yang ngos – ngosan…

Musa sedikit demi sedikit membuka pelupuk mata, dan ternyata kuda telah berhenti tepat didepan jurang…

Musa lega nafasnya, dan merasa semua telah berakhir…dia santri yang tidak lupa bernyukur…sambil mengusap muka dia baca “Alhamdulillah”…

Walah ternyata dengan ucapan itu kudanya malah lari bablas masuk ke……
Jadi wassalam…ha.. ha.. ha…

Sorry Just Hiding…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here