4 Definisi Mufrod dalam Kitab Jurumiyah Karya Kiai Aqiel Siroj

1
1065

KHASKEMPEK.COM – Mufrod merupakan isim yang menunjukkan ma’na tunggal, baik untuk mudzakar maupun muannats, baik untuk yang berakal maupun tidak berakal.

Contoh:

زَيْدٌ – بَيْتٌ

Lafadz زيد dan بيت keduanya dikatakan mufrod sebab lafadz زيد itu menunjukkan satu orang laki-laki dan berakal, dan lafadz بيت menunjukkan ma’na satu rumah, berupa muannats majazi dan tidak berakal.

Dalam kitab Zubdat An-naqiyah karya KH Aqiel Siroj, muassis MTM Pondok Pesantren Khas Kempek Cirebon, ada 4 definisi mufrod yang terdapat dalam beberapa bab, yaitu:

1. Mufrod dalam bab kalimat

2. Mufrod dalam bab i’rob

3. Mufrod dalam bab khobar

4. Mufrod dalam bab munada‌

***

1. Mufrod dalam bab kalimat

Mufrod dalam bab kalimat adalah:

ما  لا  يدل  جزؤه  على  جزء  معناه

Ini merupakan mufrod dalam bahasan ilmu mantiq, adalah suatu lafadz yang disusun dari 2 lafadz atau beberapa bagian yang setiap bagiannya tidak mempunyai arti, seperti lafadz زيد (terdiri dari bagian-bagian berupa za’, ya dan dal) dan dari tiap bagian ini tidak dapat menunujukkan arti manakala terpisah.

***

2. Mufrod dalam bab i’rob

Mufrod dalam bab i’rob adalah:                                          

ما ليس مثنى ولا مجموعا ولا ملحقا بهما ولا من  الخمسة  اوالستة

Isim yang tidak ditatsniyahkan, artinya bukan isim yang menunjukkan ma’na 2, seperti الزيدان dan bukan jama’ mudzakar salim, artinya bukan isim yang menunjukkan ma’na banyak, seperti الزيدون bukan isim yang disamakan dengan tatsniyah seperti ذان dan تان dan bukan isim yang disamakan dengan jama’ mudzakar salim, seperti عالمون dan عليون dan bukan sebagian dari golongannya isim-isim yang lima atau enam seperti ابوك، اخوك، حموك، فوك، ذومال dan هنوك.

Contoh yang termasuk mufrod dalam bab i’rob seperti lafadz زيد, رجل، القاضي dan الفتى.

*‌**

3. Mufrod dalam bab khobar

Mufrod dalam bab khobar adalah:

ما ليس جملة ولا شبهها ولوكان مثنى او مجموعا

Khobarnya mubtada yang bukan berupa jumlah (jumlah ismiyah atau jumlah fi’liyah), dan bukan berupa lafadz yang menyerupai jumlah (dzorof dan jer majrur) meskipun berupa tatsniyah atau jama’. Contoh:

زيد قائم

الزيدان قائمان

الزيدون قائمون

Lafadz قائم, قائمان dan قائمون dinamakan khobar yang berupa mufrod karena bukan berupa jumlah atau syibeh jumlah meskipun berupa tatsniyah atau jama’.

***

4. Mufrod dalam bab munada

Mufrod dalam bab munada adalah:

ما ليس مضافا او مشبها بالمضاف ولو كان مثنى او  مجموعا

Isim yang tidak dimudofkan dan tidak diserupakan dengan mudhof meskipun berupa tatsniyah atau jama’

Contoh :

يا زيد

يا زيدان

يا زيدون

Lafadz زيدان, زيد dan زيدون dinamakan munada yang berupa mudhof karena tidak dimudhofkan dan tidak serupa dengan mudhof meskipun berupa tatsniyah atau jama’

Wallahu A’lam

(KHASMedia/Jamalullail, Santri KHAS Angkatan Al-Ikhtishos)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here