TAHLIL SEBAGAI PEMBUKA PEMBANGUNAN RUSANAWA PUTRI

Kempek, Program Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) pada 2013 salah satunya adalah merencanakan pembangunan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) di 200 pondok pesantren seluruh Indonesia.

Selama 2010 hingga 2012, Kemenpera sudah membangun 82 unit rusunawa pondok pesantren yang tersebar di seluruh Indonesia. Pada Tahun 2013, Kemenpera  merencanakan naik dua kali lipat, hingga 200 unit yang tersebar di 28 provinsi dan 160 kabupaten/kota, Program ini merupakan wujud nyata perhatian pemerintah untuk dunia pendidikan dan umat Islam di Indonesia.

Dalam Program Kemenpera tersebut.  Majlis Tarbiaytul Mubtadi-ien  Pondok pesantren Kempek Cirebon mrupakan salah satu Pondok Pesantren yang mendapatkan pembanangunan Rusunawa yang diperuntukan bagi Santri Putri.

Tepatnya pada tanggal 3 Desember 2013 pembangunan Rusunawa dibuka dengan Tahlil bersama yang dipimpin langsung oleh Pengasuh Pon Pes Kempek Abuya H. Ja’far Shodiq Aqiel yang diikuti oleh Pengurus Pondok dan santri kempek.

Sudah merupakan tradisi Pondok Pesantren Kempek Tahlil merupakan pembuka setiap pembangunan di Ponpes Kempek seperti tahun lalu dalam pembanguan Gedung-gedung  Sekolahan, GOR MUNAS dan RUSUNAWA PUTRA yang juga dibuka dengan Tahlil bersama yang tentunya  untuk  mengharapkan kelancaran dan kesuksesan pembangunan tersebut.

Dalam Acara pembukaan tersebut Abuya H. Ja’far Shodiq Aqiel sedikit bercerita bahwa awal perencanaan pembangunan Rusunawa bermula ketika Kementerian Perumahan Rakyat H. Djan Faridz bersama ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Prof. Dr. KH. Sa’id Aqiel Siroj MA, berkunjung ke MTM Pon Pes Kempek Cirebon dalam kunjungan tersebut H. Djan Faridz menyempatkan diri berkeliling melihat suasana Pondok Pesantren dan beliau terkejut setelah melihat ada  beberapa kamar yang satu kamarnya masih di tempati 20-25 santri dengan keaadaan tersebut  beliau H. Djan Faridz  berinisitif akan membangunkan Rusunwa.

Dengan diadakannya Tahlil tersebut Abuya H. Ja’far Shodiq Aqiel berharap dan berdo’a semoga dalam  pembangunan ini diberikan kemudahan, kelancaran dan keselamatan dan tanpa adanya halangan  yang bararti. Amin .. Amin Ya Robbal ‘Alamin.
*Sururi Zulfa