Study Tour Siswa Kelas IX MTs KHAS Kempek dilaksanakan dengan Sukses

Sebanyak 150 siswa kelas IX  MTs KHAS Kempek Pesantren Cirebon telah mengikuti kegiatan study tour ke Candi Borobudur Magelang, Galeri De Mata Trick Eye 3d dan Malioboro Shoping Centre  Jogjakarta.  Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu (12/1). Kegiatan di tutup dengan ziarah ke Makam KH Munawir Krapyak, Jogjakarta pukul 21.00.

Sebelumnya, telah diadakan kegiatan pra study tour, dengan kegiatan ziarah ke makam keluarga pendiri Pesantren Kempek oleh panitia dan dilanjutkan ke makam Sunan Gunung Jati Cirebon yang diikuti oleh seluruh peserta.

KH Ni’amillah Aqiel, Kepala MTs KHAS Kempek mengatakan, selain untuk menambah wawasan peserta didik, terutama dalam hal pengetahuan pada warisan budaya dunia yang kita miliki, kegiatan ini bertujuan mengenalkan siswa pada para wali dan ulama salaf.

Secara khusus Kang Ni’am, demikian beliau biasa dipanggil oleh para santri mengatakan, tujuan study tour kali ini adalah untuk mengenalkan santri kepada KH Munawir, Pengasuh Pesantren Krapyak, Jogjakarta.

“Para santri harus tahu, bahwa metode membaca Al-Qur’an Kempek  yang digunakan oleh Pesantren Kempek sampai saat ini, dulunya berasal dari KH Munawir, Pengasuh Pondok Pesantren Krapyak Jogjakarta. Saya berharap para santri mengetahui akan hal ini,” ungkap KH Ni’amillah Aqiel.

Dalam sambutan atas nama Ketua Panitia, Ikrom Maulana, S.PdI meminta kepada para siswa agar menjadikan kegiatan study tour ini sebagai kegiatan belajar diluar kelas, bagaimana mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat selama mengikuti kegiatan belajar di Pesantren Kempek dan MTs KHAS.

Dengan kegiatan ini, siswa harus mampu mempraktekan sholat jama’ takdim,  jama’ ta’khir dan qosor, karena perjalanan dilakukan cukup jauh. Siswa juga harus bisa tahlil ketika berziarah.

“Juga dengan study tour ini, saya harap akan memunculkan gagasan-gagasan kreatif dari kalian, bagaimana membuat karya kreatif yang inovatif, semacam Galeri De Mata Trick Eye 3d yang terkenal itu,” papar Ikrom Maulana, S.PdI.

MTs KHAS Kempek adalah lembaga pendidikan formal yang berdiri sejak tahun 2002 dibawah Yayasan KHAS (Kyai Haji Aqiel Siroj) Pondok Pesantren Majlis Tarbiyatul Mubtadi-ien (MTM) Kempek, Cirebon.

*) Mansur Jamhuri