Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MTs KHAS Kempek dibuka lebih awal

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MTs KHAS Kempek tahun ini dibuka lebih awal, dengan dua tahapan. Pertama, pendaftaran dengan hannya mengambil formulir, dilaksanakan mulai tanggal 17 Mei 2014 sampai dengan tanggal 28 Juni 2014. Kedua, daftar ulang dengan menyerahkan semua persyaratan dan administrasi keuangan, dilaksanakan tanggal 02 – 05 Juli 2014.

sebelumnya penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MTs KHAS Kempek dan juga lembaga – lembaga di bawah naungan Yayasan KHAS (SMP dan MA KHAS) dibuka setiap awal bulan Juli. Dengan pertimbangan bulan Juli sudah memasuki bulan Ramadhan, sementara bulan Ramadhan Pondok Pesantren Kempek sudah aktif kegiatan pengajian, maka Yayasan memutuskan untuk melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) lebih awal.

KH. Ni’amillah Aqiel, Kepala MTs KHAS Kempek mengatakan, selain alasan diatas, alasan lain diawalkannya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) kali ini adalah untuk mempermudah orang tua atau masyarakat yang akan mendaftarkan putra – putrinya, mengingat kebanyakan pendaftar di MTs KHAS Kempek  berasal dari luar Cirebon.
“Bayangkan bila Penerimaan Peserta Didik Baru dibuka bulan Juli yang bertepatan dengan bulan Ramadhan. Dengan cuaca panas yang luar biasa seperti saat ini, kasihan perjalanan mereka, terutama yang berasal dari luar Cirebon seperti dari Brebes, Tegal, Pekalongan, Kendal, Indramayu, Subang,  Bekasi, Kerawang, Jakarta, Banten, Bandung dan lainnya, belum lagi yang dari luar Jawa. Kami ingin menciptakan suasana pendaftaran senyaman mungkin,” ungkap Kepala MTs KHAS Kempek, Kang Ni’am, demikian beliau biasa disapa santri – santrinya.

Dalam rapat panita, Mansur Jamhuri, ketua panitia  Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)  menjelaskan,  calon pendaftar tinggal mengambil formulir di ruang sekretariat pendaftaran, tanpa harus melengkapi semua persyaratan yang diminta.

“Penyerahan Ijazah, SKHUN dan lainnya bisa menyusul, karena biasanya penerimaan Ijazah dan SKHUN di SD/MI itu prosesnya agak lama, dengan demikian mempermudah orang tua / wali murid. Justru yang terpenting calon peserta didik baru harus segera mendaftar di Pondok Pesantren Kempek, karena syarat utama diterima di MTs KHAS Kempek adalah harus tinggal dan mengaji di Pondok Pesantren Kempek,”. Paparnya dihadapan peserta rapat.

MTs KHAS Kempek merupakan lembaga pendidikan formal  yang awalnya berupa MTs Terbuka (MTs T) sebagai implementasi dari program pemerintah dalam rangka pemerataan Program Wajib Belajar Pendidikan dasar 9 Tahun (Wajar Dikdas 9 Tahun) yang diadakan di lingkungan Pondok Pesantren Salaf. Pada tahun pelajaran 1996/1997 di Majlis Tarbiyatul Mubtadi-ien Pondok Pesantren Kempek dibukalah MTs Terbuka. Kemudian pada tanggal 25 Agustus 2002 MTs T menjadi MTs KHAS (Kyai Haji Aqiel Siroj) dengan Nomor Statistik Madrasah (NSM) 21.2.32.11.18.008.  Tahun 2006, Dewan Akreditasi Madrasah (DAM) Kabupaten Cirebon melaksanakan visitasi akreditasi di MTs KHAS Kempek dan tanggal 13 Maret 2006 Kepala Kantor Wilayah Depag Propinsi Jawa Barat  menerbitkan SK  Penetapan  Peringkat  Akreditasi  MTs  KHAS Kempek dengan peringkat “B” (BAIK).
Tanggal 8 – 9 bulan Agustus 2011, badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah (BAN – S/M) Propinsi Jawa Barat melaksanakan visitasi akreditasi di MTs KHAS Kempek dan tanggal 28 Oktober 2011 (BAN – S/M) Propinsi Jawa Barat menerbitkan SK Penetapan Peringkat Akreditasi MTs KHAS Kempek dengan peringkat “A” (AMAT BAIK) Berdasarkan SK Nomor: 02.00 / 692/ BAP-SM/X/2011. Untuk tahun pelajaran 2013 / 2014, MTs KHAS Kempek terdiri dari 24 kelas. 13 kelas putra dan 11 kelas putri dengan jumlah siswa sebanyak 1191 putra / putri.
*) Azzam Pratama