MTM Sambut Akhir Sanah dengan Musabaqoh

Kempek, 14/06/14.

Majlis Tarbiyatul Mubtadi-ien (MTM) Putra, Menjelang akhir sanah Muhadloroh MTM menyambut dengan berbagai kegiatan,

diantaranya Musabaqoh (Perlombaan) antar komplek atau antar individual santri.

Seperti pada umumnya, musabaqoh tersebut diadakan setiap tahun menjelang Muwaada’ah (Perpisahan) kegiatan ini sebagai ajang kompetisi antar komplek dan sebagai uji kemampuan santri setelah belajar satu tahun penuh.

“Diadakannya musabaqoh atau perlombaan ini sebagai unjuk kemampuan yang dimiliki oleh tiap-tiap kinerja masing-masing komplek dan sebagai ajang untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki oleh para santri” tutur Lukman Hakim selaku ketua panitia musabaqoh tahun ini.

Disamping untuk menguji kemampuan santri kegiatan ini juga memberikan pelajaran akan pentingnya kerjasama tim satu komplek dan menjunjung sportifitas dengan komplek-komplek lainnya..

Lukman berharap dalam mengikuti musabaqoh para peserta tidak untuk mencari lawan akan tetapi untuk saling bersaing dalam kebaikan. “peserta musabaqoh bukan untuk mencari lawan akan tetapi untuk saling menunjukkan kemampuan yang kalian miliki selama satu tahun ini kalian belajar.” ungkapnya saat membuka musabaqoh CTK tingkat AT-Tamhidiyyah, sabtu (14/06/2014).

Pada tahun ini ada beberapa jenis perlombaan yang sifatnya hiburan dan ada yang sifatnya berupa ketrampilan mental, dan kemampuan belajar santri baik hafalan, pemahaman pelajaran dan perkembangan dari masalah yang berkembang kini, diantara Perlombaan yang bersifat hiburan yaitu : Balap Karung, futsal dan lain-lain, yang bersifat melatih mental santri seperti : Khitobah, Musabaqoh MC dan lain sebagainya.

Sedangkan yang bersifat kemampuan belajar atau menghafal santri seperti Cerdas Tangkas Komplek, Muhafadzoh Nadzom, Qiroatul kutub  dan untuk melatih keterampilan santri dalam menulis ada musabaqoh kaligrafi.

Musabaqoh ini akan berlangsung  selama 10 hari  mulai tanggal 14 sampai 22 Juni 2014 dan  diikuti oleh seluruh santri melalui penyeleksian dari ketua komplek masing-masing komplek.

Oleh : Arwany AL-Limbangy