JUARA I LOMBA PIDATO BAHASA ARAB SE WILAYAH III CIREBON

Cirebon, Pusat Budaya dan Bahasa IAIN Syekh Nurjati Cirebon menyelenggarakan Lomba Kreatifitas Pelajar dan Mahasiswa se-Wilayah III Cirebon pada tanggal 25-30 November 2013. Dalam acara tersebut panitia mengadakan beberapa jenis lomba seperti MTQ, MHQ, MSQ, Debat B. Arab, Debat B. Inggris, Piadato B. Arab. Pidato B. Inggris dan lain-lain.

Sirojudin Ahmad yang merupakn perwakilan dari MTM Pon Pes  Kempek, putra dari Bapak Ahmad Rochimin berhasil meraih juara I lomba pidato Bahasa Arab yang dilaksanakan pada tanggal 25 November 2013 brtempat di Auditorium 1 Pasaca Srajana IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Ust. Ahmad Nahdli Bin Ja’far Putra Pengasuh MTM Pon Pes Kempek beliau mengatakan ada salah satu Juri dari dosen Jurusan Tadris B. Arab yang berkomentar penampilan Sirojudin Ahmad dalam hal intonasi penyampaian mirip dengan Mudir Ma’had Al-Ghadier KH. Musthofa Aqiel Siroj.

Keberhasilan ini merupakan peran dari program yang diadakan di Pondok Pesantren Kempek  yang rutin dilakukan di setiap malam jum’at setelah marhabanan yang mengagendakan setiap kamar bergelir menampilkan anggota kamarnya belajar menjadi Pembawa acara, Pembaca Ayat Al-Qur’an, Sholawat Nabi dan Khitobah. Dan kemudian dilanjutkan dengn pembacaan amanat pengurus. Dengan adanya pembelajaran tersebut santri akan terlatih dan terbiasa berbicara didepan umum dan memiliki mental yang kuat.

Kemenangan ini juga merupakan tolak ukur bahwa Pon Pes Kempek tidak hanya bisa mengaji dengan khas lagu Kempeknya, memahami Nahwu, Shorof dan Fiqih saja tetapi mampu berhasa Arab bahakan berbahasa Inggris. mungkin sudah saatnya Pon Pes Kempek sedikit demi sedikit memprogramkan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari dan tentu tidak untuk melupakn Bahasa Jawa  Kromo yang merupakan ciri Bahasa kesantunan.

Kita sebagai santri dan pelajar jadikanlah ini acuan kita agar lebih termotivasi agar terus dan terus menimba ilmu sebanyak-banyaknya , karena memang sudah menjadi kebutuhan kita dengan adanya tuntutan  jaman era modern kita harus pandai bisa menyikapi dengan keseimbnag ilmu.

MTM Pon Pes Kempek  juga telah bebrapa kali memenangi berbagai jenis perlombaan  seperti tahun-tahun sebelumnya MTM Pon Pes Kempek Mampu menjuari bebagai jenis perlombaan seperti langganan menjadi Juara I Musabaqoh Qiro’atul Qutub di IAIN Syekh Nurjati, Juara I & II Marhalah Ula Nahwu Putra ,  Juara I & II Marhalah Wustha Nahwu Putra pada Mufakat IV Kab. Cirebon dan Jura III pada Musabaqoh Fahmil Kutubi di bidang Tarih  pada Mufakat IV Tingkat Provinsi Jawa Barat di Ciamis dan lain sebagainya.
*Liputan: Sururi Zulfa